Tujuan Utama Dianjurkan Mempelajari Kisah-kisah dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an sebagai kitab suci tidak hanya menjelaskan tentang urusan hukum halal dan haramnya saja, tetapi juga membahas tentang banyak sejarah umat-umat terdahulu. Hal ini sesuai keterangan dalam Surat Yusuf: 111 yang berbunyi:

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِن تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.” (QS. Yusuf: 111)

Adapun Kisah-kisah didalam Al-Qur’an terbagi kedalam tiga kategori:

Pertama, Kisah para Nabi meliputi dakwah mereka kepada kaumnya, juga tentang mukjizat sebagai penguat dakwahnya serta dijelaskan para penentangnya dan fase perkembangan dakwahnya, misalnya kisah Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, Nabi Muhammad.

Kedua, Kisah yang menjelaskan kejadian yang langka terjadi seperti Kisah Jalut dan Thalut, Ashabul Kahfi, Dzulqarnain, Qarun dan lainnya.

Ketiga, Kisah yang terjadi semasa dengan Nabi Muhammad seperti kisah perang Badar, perangUhud, Perang Tabuk, juga tentang Kisah Isra’ yang dilakukan oleh Nabi.

Menurut Mana’ Al-Qattan dalam Mabahis fi Ulum al-Qur’an Kisah didalam Al-Qur’an bertujuan untuk:

Pertama, menjelaskan dasar-dasar dakwah Nabi Muhammad dan dasar Syariat Nabi terdahulu.

Kedua, menguatkan hati Nabi dan Umatnya akan kebenaran Agama Islam serta pertolongan Allah dan terkalahkannya segala kedzaliman.

Ketiga, Membenarkan adanya para Nabi sebelum Nabi Muhammad serta sebagai pengingat kisah mereka.

Keempat, Membenarkan dakwah Nabi Muhammad tentang kabar orang-orang terdahulu.

Kelima, sebagai ibarat atau petuah kehidupan yang dapat diambil pelajaran yang berharga.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *