Waktu Doa yang Paling Didengar oleh Allah - masholeh.com
0 views

doa, amalan

Salah satu rutinitas yang dilakukan orang muslim adalah selalu menjaga shalat lima waktu, ternyata orang yang telah melaksanakan  shalat diberikan keistimewaan waktu untuk berdoa, karena waktu ini, doa akan cepat dikabulkan oleh Allah. Maka dari itu jangan buru-buru menjalankan aktivitas sebelum berdoa terlebih dahulu.

Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar  mengutip sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang berbunyi;

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺃﻣﺎﻣﺔ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻗﻴﻞ ﻟﺮﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ -ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ﺃﻱ اﻟﺪﻋﺎء ﺃﺳﻤﻊ؟ ﻗﺎﻝ: “ﺟﻮﻑ اﻟﻠﻴﻞ اﻵﺧﺮ، ﻭﺩﺑﺮ  اﻟﺼﻠﻮاﺕ اﻟﻤﻜﺘﻮﺑﺎﺕ” ﻗﺎﻝ اﻟﺘﺮﻣﺬﻱ: ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ.

Artinya Diriwayatkan dari Abi Umamah RA: Nabi ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah? Nabi menjawab:” seperti malam yang akhir dan setelah shalat Fardhu. Imam Turmudzi berkata: Hadits ini termasuk Hadits Hasan.

Dari sini dapat dipahami salah satu waktu yang cepat dikabulkan dalam berdoa adalah setelah shalat Fardhu, maka dari itu pergunakan sebaik-baiknya waktu ini terutama membaca Allahumma  antassalam bukan langsung jalan alias tanpa membaca doa apapun, terutama mendoakan kedua orang tua sebagai penyebab agar dimemudahkan urusannya.

tulisan ini pernah dimuat di masholeh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *